Pancasila Ingatkan Sejarah Pencanangan Kalteng sebagai Ibu Kota Pemerintahan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 02 Juni 2019 - 15:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Asisten II Sekertariat Daerah Kalimantan Tengah Nurul Edy menilai momen peringatan Hari Lahir Pancasila mengingatkan akan sosok Bung Karno. Sang proklamator sekaligus pencetus pencanangan ibu kota pemerintahan RI di Kalimantan Tengah.

“Ini adalah momen untuk mengenang kembali apa itu pancasila. Di Tugu Pancasila sini dulu pencetus pancasila Bung Karno ketika dia mencanangkan Palangka Raya menjadi ibu kota Provinsi Kalteng,” ucap Nurul Edy, Sabtu, 1 Juni 2019.

Ia mengatakan, bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, pancasila sudah menjadi harga mati, ideologi bersama, dan juga dasar negara Indonesia. 

“Jadi saya pikir sejarah dan nilai pancasila itu penting dipahami dan dilestarikan oleh para generasi penerus bangsa. Begitu juga dengan pancasila sebagai falsafah dan dasar negara,” sebutnya.

Nurul Edy menegaskan, nilai nilai pancasila ini terus diimplementasikan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam melaksanakan roda pemerintahan.

“Saya pikir nilai nilai pancasila dapat dilihat dalam implementasi pemerintahan. Kita juga menyatakan provinsi ini adalah Bumi Pancasila,” tegasnya. (HERMAWAN DP/B-3)

Berita Terbaru