Siapa Layak Jadi Pimpinan DPRD Kotawaringin Timur?

  • Oleh Naco
  • 02 Juni 2019 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Unsur pimpinan DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur periode 2019-2024 akan diisi dari tiga partai yakni PDIP, Golkar, dan PAN.

Namun, untuk ketua DPRD dipastikan akan berasal dari PDIP sebagai pemenang pemilu legislatif dengan perolehan 7 kursi. Disusul Golkar yang bertahan dengan 6 kursi dengan jabatan wakil ketua I. Kemudian PAN di posisi wakil ketua II.

Siapa yang layak tentu masih banyak yang menerka-nerka. Pengamat Hukum dan Politik di Kotawaringin Timur, Agung Adisetiyono, mengatakan pada prinsipnya siapa yang duduk diunsur pimpinan sangat bisa ditebak, jika partai melihat dari sisi pengalaman kadernya yang akan dipasang nanti.

Untuk PDIP, kata dia, kans terbesar menjadi ketua dewan tentu milik Ketua DPC PDIP yakni Rimbun. Secara garis kepartaian jatah ketua DPRD itu memang seyogayanya harus menjadi milik ketua partai yang saat ini menjabat sebagai Ketua Komisi III.

"Secara pengalaman Rimbun tidak diragukan lagi jika dibandingkan dengan anggota yang lainnya, tentu jauh," kata Agung yang merupakan advokat muda di Kotawaringin Timur itu, Minggu, 2 Juni 2019.

Sementara itu, untuk posisi wakil ketua I, Agung menilai lebih dominan pada nama Rudianur, yang saat ini menjabat sebagai ketua Komisi II DPRD Kotim. Meski nama M Arsyad juga digadang-gadang berpeluang menduduki jabatan itu dengan restu dari DPD provinsi.

"Kalau Golkar memang ada beberapa nama. Namun kalau melihat pengalaman tentu Rudianur lebih unggul dari sisi penilaian kami. Namun, tentunya partai punya pilihan. Apakah penempatan ini melihat itu atau tidak, nantinya kewenangan ada di mereka," tukasnya.

Sedangkan, PAN, kata dia, tentu ada dua nama yakni M Rudini yang menjabat sebagai ketua DPD PAN Kotim dan Dadang H Syamsu.

Jika dilihat dari pengalaman, Dadang dinilai layak menempati posisi wakil ketua II. Apalagi Dadang juga saat ini di DPRD Kotawaringin Timur menjabat sebagai Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah, bahkan di PAN saat pemilu ini ia merupakan Ketua Badan Pemenangan Pemilu.

"Selain itu, Dadang akan memasuki periode ketiga duduk di DPRD Kotim," tegas Agung.

Berita Terbaru