Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tanah Jadi Masalah Dalam Pemindahan Ibukota Pemerintahan RI Baru

  • 02 Juni 2019 - 16:22 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Pemindahan ibukota pemerintahan RI yang baru ke Provinsi Kalimantan Tengah bukan tanpa kendala.

Salah satunya persoalan tanah atau lahan milik masyarakat yang kena imbas dari pemindahan ibukota.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Petanahan (Disperkimtan) Provinsi Kalimantan Tengah, Leonard S. Ampung mengatakan kendala tersebut terjadi karena pemerintah juga harus menyadari jika tanah atau lahan yang nantinya menjadi wilayah ibukota yang baru telah memiliki surat kepemilikan tanah yang jelas.

Kemudian dalam proses pelepasannya diperlukan peran pemerintah daerah untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat dari berbagai aspek.

"Masalah tanah atau lahan itu yang berat. Karena kepemilikannya sudah jelas, jadi selain prosesnya melalui UU, tentunya harus ada proses pendekatan kepada masyarakat secara sosial, ekonomi, dan budaya," ujar Leonard, Minggu, 2 Juni 2019.

Dia menambahkan jika pendekatan yang dilakukan tersebut sebagai bentuk antisipasi seandainya ada masalah akibat kerugian yang dialami masyarakat.

"Pemdekatan itu salah satu bentuk antisipasi ke depan, sehingga tidak ada kerugiam yang dialami masyarakat yang berada di sekitar lokasiitu nanti," tandasnya. (AGUS/B-6)

Berita Terbaru