Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tuban Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Evaluasi Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru di Kotawaringin Timur

  • Oleh Naco
  • 03 Juni 2019 - 14:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Rimbun, meminta sistem zonasi pada saat penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang diterapkan Dinas Pendidikan agar dievaluasi.

Karena menurut dia mutu pendidikan di daerah ini belum merata. Untuk itu, sistem zonasi belum sepenuhnya bisa diterapkan di Kotawaringin Timur. 

Sehingga, kata Rimbun, wajar para orang tua yang ada di pelosok berkeinginan menyekolahkan anaknya ke kota. Karena kondisi sekolah di pelosok jauh dari harapan mereka.

"Beda hal jika mutu pendidikan merata. Di pelosok itu tenaga pendidik saja kurang. Maka dari itu, kami minta agar sistem itu dievaluasi," kata dia, Senin, 3 Juni 2019.

Menurut, Rimbun banyak siswa yang dari pelosok ingin sekolah ke kota. Terkait hal itu, ia minta sekolah di kota untuk tidak menolak siswa tersebut.

"Beri kesempatan yang sama bagi mereka. Karena banyak orang tua yang mengeluh. Di satu sisi mau menyelokalhkan anaknya di desa sementara fasilitasnya saja sangat minim," tegasnya.

Rimbun juga mengaku tidak henti-hentinya mengingatkan agar sarana dan prasarana, hingga tenaga pendidik, dibuat merata dan tidak fokus di kota saja. Supaya sistem zonasi itu bisa diterapkan.

"Beda kalau di Jakarta atau Jawa sana. Di sana merata sudah," pungkas Rimbun. (NACO/B-3)

Berita Terbaru