Dinas Perhubungan Imbau Penyedia Kapal Wisata Bugam Raya Sediakan Jaket Pelampung

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 03 Juni 2019 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Demi menciptakan rasa aman dan nyaman kepada pengunjung lokasi wisata di Bugam Raya, Dinas Perhubungan Kotawaringin Barat mengimbau agar pemilik kapal tradisional menyediakan jaket pelampung atau life jaket.

Kepala Dinas Perhubungan Kobar Hermon F Lion mengatakan pada Minggu 2 Juni 2019 pihaknya telah bertemu dengan para pemilik kapal penyeberangan di lokasi wisata dan mengimbau agar mereka menjaga keselamatan.

"Karena salah satu permasalahan di lokasi wisata, khususnya di Bugam Raya terkait kemanan bagi penumpang, karena kurangnya life jaket atau jaket pelampung. Maka kami akan pinjamkan jaket pelampung kepada mereka," ujarnya, Senin, 3 Juni 2019.

Dia menjelaskan, saat ini pihaknya sedang mengumpulkan life jaket agar segera dapat dipinjamkan kepada pemilik kapal dan para penumpang atau pengunjung lokasi wisata yang hendak melakun penyeberangan.

"Jaket pelampung nantunya akan dipinjamkan kepada mereka yang melakukan penyeberangan ke teluk bogam dan lokasi lainnya," jelasnya.

Selai itu, terkait permasalahan masuk lokasi wisata dan parkir. Jika lokasi parkir yang ditentukan oleh pemerintah maka tarifnya sesuai perda. Namun jika lokasi parkir atas swadaya masyarakat atau swasta ini lebih mahal.

Berdasarkan, perdBerdasarkan perda Kabupaten Kotwaringin Barat No 5 Tahun 2019. Pengunjung dikenai tarif Rp. 5.000 rupiah, kendaraan roda dua Rp. 4.000 rupiah, kendaraan roda empat Rp. 7.000 rupiah dan kendaraan Bus, truk dan sejenisnya Rp. 20.000 rupiah. 

"Ini nantinya akan kami komunikasikan dan sosialisasikan kepada mereka, agar tidak menarik diatas batas wajar," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru