Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perkebunan Jangan Lalai dengan Limbah Pabrik

  • Oleh Naco
  • 04 Juni 2019 - 10:12 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Perkebunan kelapa sawit yang bergerak di Kabupaten Kotawaringin Timur selalu diingatkan untuk tidak lalai dalam pengelolaan limbah.

Karena kata Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Rudianur kejadian limbah sawit bocor dari kolam penampungan pabrik kelapa sawit dan mencemari lingkungan warga kerap terjadi.

Maka dari itu dia minta limbah perusahaan dikelola dengan baik agar saat musim hujan tidak bocor atau meluap dan mencemari lingkungan masyarakat.

"Kalau memang limbah bocor dan mencemari lingkungan masyarakat tentu itu adalah kelalaian perusahaan," kata dia, Selasa, 4 Juni 2019.

Karena kata Rudianur mereka dari DPRD sendiri sudah sering mengingatkan dan perusahaan sendiri jika rutin memantau kolam penampungannya tentunya setiap saat tahu dengan kondisinya.

"Sehingga jika sudah tahu tentu selebat apapun hujan tudak akan meluap atau bocor," tegasnya. Rudianur juga menekankan kepada dinas terkait agar rutin melakukan pengawasan jangan sudah terjadi pencemaran baru turun seperti kejadian pencemaran di Sungai Buluh Tibung dan Seranau di Kecamatan Telawang beberapa waktu lalu.

"Jika pencemaran terjadi oleh perusahaan kami minta agar ditindak tegas. Selama ini tidak pernah kami dengar ada tindakan tegas, sehingga efek jera itu tidak ada," tandasnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru