Perhatikan Situs Budaya di Kotawaringin Timur

  • Oleh Naco
  • 04 Juni 2019 - 14:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Situs budaya di Kabupaten Kotawaringin Timur tidak hanya dijaga, namun juga harus diperhatikan dengan didukung dari sisi anggaran perawatannya.

Anggota Komisi III DPRD Kotawaringin Timur Sarjono mengatakan, situs budaya Kotim sangat banyak. Mulai dari yang ada di dalam kota hingga di pelosok.

Itu semua merupakan kekayaan daerah dari sisi budaya yang seharusnya dijaga dan dirawat. Supaya sampai kapanpun selalu ada hingga jadi peninggalan untuk generasi yang akan datang.

"Pemerintah daerah harus memperhatikannya dari sisi anggaran, setidaknya ada biaya perawatan untuk situs-situs budaya itu," kata dia, Selasa, 4 Juni 2019.

Bila situs itu terawat keberadaannya bisa dimanfaatkan sebagai peninggalan budaya hingga jadi objek wisata. Karena tidak semua daerah mempunyai peninggalan seperti itu.

Sarjono mengaku prihatin dengan sering terjadinya pencurian patung sapundu. Itu terjadi selain karena kurangnya perhatian pemerintah juga karena kurang terawatnya situs budaya tersebut.

"Dari itu kami minta agar dijaga. Jika ada yang sengaja mencurinya agar ditindak tegas apalagi merusaknya," tegas Sarjono. (NACO/B-3)

Berita Terbaru