PDAM Tirta Barito Buntok Raih Predikat Sehat dari BPKP

  • Oleh Uriutu
  • 04 Juni 2019 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Buntok- PDAM Tirta Barito Buntok, Kabupaten Barito Selatan, meraih predikat sehat dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan atau BPKP Provinsi Kalimantan Tengah pada akhir 2018 lalu.

Direktur PDAM Tirta Barito Buntok Mariyanto mengatakan, BPKP menilai bahwa PDAM Tirta Barito meningkat tajam dari indikator penilaian tahun sebelumnya. 

Jika tahun lalu penilaiannya berada di bawah standar, kini PDAM meraih indikator penilaian yang termasuk baik.

Adapun nilai kinerja PDAM Barito pada 2018 yang diberikan BPKIP Kalteng ialah 2,83. Angka itu meningkat bila dibandingkan dengan 2017 yang hanya 2,75.

Angka 2,83 tersebut, menurut pihak BPKP Kalteng sudah cukup baik sehingga mendapatkan predikat nilai sehat.

"Hasil itu adalah dari penilaian murni pihak BPKP Kalteng yang dinilai dari beberapa indikator penilaian kinerja terhadap pihak PDAM Tirta Barito Buntok," kata Mariyanto kepada Borneonews, Selasa, 4 Juni 2019.

Menurutnya, selama kurang lebih empat tahun dirinya dipercaya memimpin PDAM Tirta Barito, progresnya cukup baik bila dinilai dari indikator sebelumnya dari tahun 2015.

Saat itu, lanjut dia, penilaian terhadap PDAM Tirta Barito hanya mencapai 2,24, tahun buku 2016 naik menjadi 2,58, berikutnya 2,75,  dan pada 2018 di angka 2,83.

Perlu diketahui, angka untuk mencapai sehat dari BPKP minimal 0,5. Akan tetapi, PDAM Tirta Barito telah jauh melampauinya. Sehingga mampu membawa PDAM Barsel pada posisi yang lebih baik.

Ia menambahkan, PDAM Tirta Barito Barsel telah mampu melampaui peringkat PDAM Kota Palangka Raya. Nantinya, jika bisa lebih ditingkatkan lagi, akan berada di posisi ke lima dari 14 kabupaten/kota di Kalteng.

Berita Terbaru