Tumbang Samba Katingan Kembali Diterjang Banjir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 04 Juni 2019 - 18:56 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Wilayah Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan kembali diterjang banjir, Selasa, 4 Juni 2019. Banjir tersebut disebabkan luapan Sungai Katingan.

Informasi terhimpun, air Sungai Katingan meluap terjadi terjadi sejak pagi hari. Dan hingga sore ini luapan air semakin deras menerjang ke permukaan.

Puluhan rumah warga dan jalan di Desa Samba Bakumpai mulai terdampak banjir. Pun demikian sejumlah kapal feri penyeberangan yang tidak bisa beroperasi.

"Nampaknya tanda-tanda banjir besar sudah ada di Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah," kata salah seorang tokoh masyarakat Tumbang Samba, Rudi Hartono.

Selain rumah rumah warga, banjir luapan Sungai Katingan ini juga mulai merendam fasilitas umum. Seperti masjid, jalan, dan sekolah.

Rudi mengatakan, sejak kemarin di Tumbang Samba sudah ada tanda-tanda akan naik atau meluap.

"Sudah diinformasikan kerabat di wilayah hulu seperti Tumbang Sanamang, Rangan Tangko, Tumbang Hiran, dan Batu Badak. Katanya di sana air cukup mengkhawatirkan, karena naik ke permukaan dengan cepat. Dan sore ini giliran Tumbang Samba," ujarnya.

Sementara itu, Camat Katingan Tengah, Hariawan sejak kemarin sudah mengingatkan kepada warganya terkait kemungkinan banjir di wilayahnya itu.

Wilayah Tumbang Samba sejauh ini sudah beberapa kali kebanjiran akibat luapan Sungai Katingan, terakhir pada 21 Mei 2019. (ABDUL GOFUR/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru