Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Kalimantan Tengah Relatif Normal Jelang Lebaran

  • Oleh Testi Priscilla
  • 04 Juni 2019 - 19:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Berdasarkan data hasil survei Pusat Informasi Harga Pangan Strategis atau PIHPS Bank Indonesia pada beberapa pasar di Kota Palangka Raya dan Kota Sampit, pergerakan harga sejumlah komoditas pangan di Kalimantan Tengah terpantau cukup stabil.

Hal ini dikatakan Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Setian, Selasa, 4 Juni 2019.

"Meskipun sebelumnya sempat mengalami lonjakan pada minggu pertama bulan Mei 2019 tapi sekarang malah relatif normal. Secara umum, harga komoditas di Kota Palangka Raya tercatat relatif lebih tinggi dibandingkan dengan Kota Sampit," tutur Setian.

Terkhusus, harga daging ayam ras yang merupakan salah satu komoditas penyumbang utama inflasi di Kalimantan Tengah. Dan sekarang terpantau berada pada harga Rp 37.000 per kilogram di Kota Palangka Raya, dan Rp 34.250 per kilogram di Kota Sampit.

"Sepanjang bulan Mei 2019, pergerakan harga daging ayam ras berada pada kisaran Rp 36.000 - 39.000 untuk Kota Palangka Raya, dan Rp 34.000 - 37.000 untuk Kota Sampit. Lonjakan harga tertinggi sempat terjadi pada minggu I bulan Mei, namun pergerakannya cenderung menurun memasuki minggu II hingga minggu IV bulan Mei 2019," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Sugianor mengharapkan tidak ada penaikan harga kebutuhan barang pokok pasca Lebaran nanti.

"Kami berharap selama perayaan Lebaran tahun 2019 ini hingga pasca hari raya mendatang tidak ada kenaikan harga yang berarti dari kebutuhan pokok bagi masyarakat," kata Sugianor. (TESTI PRISCILLA/B-110

Berita Terbaru