Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

H-1 Lebaran, Harga Bawang Merah dan Putih Turun

  • Oleh Testi Priscilla
  • 04 Juni 2019 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia, Kantor Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah, Setian, mengklaim harga bawang merah dan bawang putih mengalami penurunan, meski saat ini sudah H-1 Lebaran.

"Berdasarkan data hasil survei Pusat Informasi Harga Pangan Strategis atau PIHPS, harga bawang merah dan bawang putih berada dalam tren menurun sejak minggu ke-II bulan Mei 2019. Setelah sebelumnya pada bulan Maret hingga April sempat mengalami lonjakan harga sebagai dampak terjadinya gangguan pasokan impor dari pemerintah pusat," kata Setian kepada Borneonews, Selasa, 4 Juni 2019.

Meski dalam tren menurun, harga bawang putih masih mencapai Rp37.750 per kilogram untuk Kota Palangka Raya, dan Rp38.750 untuk Kota Sampit. Di mana angka ini masih berada jauh di atas harga historis yakni Rp24.000 hingga Rp30.000 per kilogram.

"Sementara itu, harga komoditas lainnya seperti beras, cabai merah, dan daging sapi terpantau cukup stabil meski mengalami sedikit tekanan. Namunm kenaikkannya masih berada dalam batas yang wajar. Diperkirakan tekanan inflasi Kalimantan Tengah akan mengalami peningkatan seiring dengan meningkatnya permintaan masyarakat pada Ramadan dan momen Idulfitri," tuturnya.

Di pihak lain, Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Sugianor berharap tidak ada kenaikkan harga kebutuhan barang pokok pasca-Lebaran.

"Kami berharap selama perayaan Lebaran tahun ini hingga pasca-Hari Raya mendatang tidak ada kenaikkan harga yang berarti dari kebutuhan pokok bagi masyarakat," kata Sugianor. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru