Instansi Terkait Harus Fokus Tekan Kasus KDRT

  • Oleh Naco
  • 07 Juni 2019 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kotawaringin Timur, Sinar Kamala, meminta peran dinas terkait lebih difokuskan untuk menekan kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Mengingat setiap tahun terus muncul kasus KDRT, bahkan hingga diproses ke pengadilan. Korbannya tidak hanya anak, tetapi juga ibu rumah tangga.

"Kita prihatin selama ini angka kasus KDRT itu sulit ditekan. Bahkan yang memprihatinkan itu sampai harus merenggut nyawa," kata Sinar Kamala, Jumat, 7 Juni 2019.

Seperti yang dilakukan terdakwa Sahid Zohar, beberapa waktu lalu. Hanya karena cemburu, dia mencekik istrinya hingga meninggal dunia.

Dinas terkait, dalam hal ini perlindungam dan pembedayaan perempuan, kata kata Sinar Kamala, harus lebih berperan agar mampu mencari solusi dan pola pencegahan KDRT. Supaya kasus serupa tidak terjadi lagi.

Jika melihat dari beberapa kasus, KDRT terjadi akibat beberapa faktor. Seperti masalah ekonomi hingga hadirnya pihak ketiga dalam hubungan rumah tangga.

"Lebih sering lagi disosialisasikan . Apalagi masalah KDRT ini ancamannya sudah sangat jelas dalam UU KDRT. Jadi perempuan dan anak itu harus dilindungi," tegas anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur ini.

Pada 2019 ini, ada 3 kasus KDRT yang masuk ke Pengadilan Negeri Sampit. Kasus itu dilakukan oknum anggota polisi, pegawai kontrak Setda Kotawaringin Timur, dan kakek Sahid Zohar. Semua korban adalah perempuan atau istri. (NACO/B-3)

Berita Terbaru