Tepergok Saat Beraksi Ketiga Kali, Pencuri Kotak Amal Diamankan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 07 Juni 2019 - 13:22 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sepandai-pandainya tupai melompat sekali waktu jatuh juga. Pepatah ini tampaknya tepat untuk menggambarkan pencuri kotak amal ini. Setelah beraksi ketiga kalinya akhirnya ia diamankan polisi.

Pria berinisial SD (31) asal Kecamatan Banjar, Kalimantan Selatan ini diamankan oleh Polsek Polsek Selat, Polres Kapuas pada Jumat, 7 Juni 2019.

SD kepergok warga saat hendak mencuri kotak amal milik Musala atau Langgar Darul Muhazirin yang dititipkan di sebuah warung di Jalan Patih Rumbih RT 09, Kelurahan Selat Barat, Kecamatan Selat.

Menurut Kapolres Kapuas AKBP Tejo Yuantoro melalui Kapolsek Selat AKP Dhani Sutirto, awalnya pihaknya dapat laporan dari warga bahwa ada seseorang tepergok hendak mencuri kotak amal.

"Anggota langsung ke lokasi kejadian dan mengamankan terduga pelaku pencurian kotak amal, untuk proses dan penyelidikan lebih lanjut," kata Dhani Sutirto.


Kronologi kejadian itu saat salah satu saksi mau membeli rokok di warung dan curiga melihat pelaku sedang mengambil uang yang berada di dalam kotak amal tersebut.

"Selanjutnya dipergoki oleh saksi dan warga hingga diamankan oleh anggota kami," katanya.

Dari hasil penyelidikan pelaku sebelumnya sudah mencuri kotak amal sebanyak dua kali di Kuala Kapuas.

Pertama dilakukan pada Mei 2019 lokasi di warung makan milik Farid di Jalan Melati, Kelurahan Selat Tengah dengan hasil curian Rp 500 ribu.

Kemudian, pada Mei juga mencuri kotak amal di warung milik Muhammad Ilmi, Jalan Patih Rumbih, Kelurahan Selat Barat.

"Pelaku sudah diamankan di Polsek Selat untuk penyelidikan lebih lanjut dengan barang bukti berupa uang Rp 506.800," tukasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru