Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Betawakan Tradisi Unik Sukamara

  • Oleh Norhasanah
  • 07 Juni 2019 - 19:36 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Wakil Bupati Sukamara, Ahmadi menyebut tradisi betawakan yang dilakukan masyarakat di Sungai Jelai dalam merayakan momen hari besar keagamaan adalah hal unik.

Menurutnya aksi saling lempar ini hanya ada di Bumi Gawi Barinjam saja. "Sukamara itu memang unik, termasuk betawakan, karena setua saya ini tidak ada di daerah lain selain di tempat kita," ucap Ahmadi, Jumat, 7 Juni 2019.

Tradisi betawakan sudah dilakukan sejak lama, namun tidak diketahui persis tahun kapan betawakan mulai dilakukan masyarakat.

"Ini dilakukan sudah lama sekali, berdasarkan cerita, dulu acara ini bukan seperti sekarang yang saling lempar dengan air saja, tetapi saling pukul dengan kayu, tetapi karena seiring berjalannya waktu, akhirnya berubah dan saling lempar dengan air yang dimasukkan kedalam kantong plastik kecil," terangnya.

Ahamdi menerangkan tradisi unik ini memang sudah membudaya dilakalangan pemuda, karena peserta yang mengikuti acara ini memang didominasi kalangan remaja.

"Ini setiap tahun memang selalu diadakan, karena sudah dilakukan setiap tahun, jadi kalau tidak digelar rasanya ada yang kurang saja," ungkapnya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru