Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sumatra Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tradisi Betawakan Harus Dipertahankan, Jangan Sampai Hilang

  • Oleh Norhasanah
  • 07 Juni 2019 - 20:22 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Wakil Bupati Sukamara, Ahmadi mengharapkan tradisi betawakan bisa terus dipertahankan, karena kegiatan yang digelar setiap tahun dan turun menurun ini adalah salah satu upaya meningkatkan silaturahmi.

"Tradisi betawakan ini jangan sampai hilang, harus kita pertahankan, kalau hilang gimana rasanya," ucap Ahmadi, Jumat, 7 Juni 2019.

Betawakan salah satu acara yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Tradisi unik ini selalu menjadi perhatian masyarakat.

Dia menuturkan betawakan yang dilakukan masyarakat di Sungai Jelai adalah hal unik. Menurutnya aksi saling lempar tersebut hanya ada di Bumi Gawi Barinjam saja.

Tradisi betawakan sudah dilakukan sejak lama, namun tidak diketahui persis tahun kapan betawakan mulai dilakukan masyarakat.

Tradisi unik ini sudah membudaya dilakalangan pemuda, mengingat peserta yang mengikuti acara tersebut memang didominasi kalangan remaja.

"Ini setiap tahun memang selalu diadakan, karena sudah dilakukan setiap tahun, jadi kalau tidak digelar rasanya ada yang kurang saja," tegasnya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru