Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

10 Kepala Keluarga di Desa Bintang Ninggi I Terancam tidak Punya Rumah

  • Oleh Ramadani
  • 08 Juni 2019 - 18:56 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Sebanyak 10 kepala keluarga di Desa Bintang Ninggi I, Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten barito Utara, terancam kehilangan rumah akibat terdampak tanah longsor. Longsor yang terjadi akibat abrasi sungai.

Kepala Desa Bintang Ninggi I Efri Budi menuturkan, sebanyak 10 kepala keluarga yang bermukim di pinggiran sungai, semuanya terancam terkena longsor.

“Sudah ada tiga rumah yang ambruk, sedangkan sisanya terancam akan terkena longsor juga,” kata Efri Budi, Sabtu, 8 Juni 2019.

Ia mengaku sudah melaporkan kejadian ini ke camat Teweh Selatan. "Kami hanya melaporkan melalui sambungan telepon karena terbentur libur Lebaran. Senin nanti kami akan melakukan rapat desa, guna mencari solusi penanganan dan sangat berharap bantuan dari pemerintah daerah, terutama untuk para korban yang rumahnya nyaris ambruk,” kata Budi.

Pihak desa juga akan melapor ke Pemerintah Kabupaten Barito Utara agar 10 kepala keluarga yang bermukim di pinggiran sungai rawan longsor itu direlokasi ke daerah aman.

“Lahan untuk relokasi ada dan aman dari longsor. Cuma kami pihak desa tidak ada dana guna membeli lahan itu. Mungkin wacana ini akan kami laporkan ke pemerintah daerah agar didapat solusi, merelokasi warga dari terjangan longsor,” sebutnya.

Sementara itu,  Kepala BPBD Kabupaten Barito Utara Gazali Montalatua, mengatakan bahwa pihaknya melalui bidang terkait sudah menurunkan tim untuk mendata rumah rusak akibat longsor.

“Kejadiaan longsor itu sudah didata dan segera akan dilaporkan ke pimpinan,” katanya. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru