Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toraja Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Volume Sampah di Pangkalan Bun Meningkat Tiga Kali Lipat

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 09 Juni 2019 - 15:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Volume sampah di Pangkalan Bun mengalami peningkatan tiga kali lipat selama Ramadan dan Idul Fitri 1440 H. Peningkatan telah terjadi sejak awal ramadan.

Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3) Dinas Lingkungan Hidup Kotawaringin Barat, Robianur mengatakan, biasanya di hari biasa ada 28 - 35 ton volume sampah per harinya.

"Laporan terakhir jumlah sampah sekitar 73 ton yang masuk ke TPA. Didominasi sampah rumah tangga seperti sisa dan kemasan makanan. Paling banyak sampah buah kelapa ” kata Robianur, Sabtu, 8 Juni 2019.

Dia menjelaskan, untuk menangani sampah-sampah tersebut, DLH mengoperasikan tim pengangkut sampah seperti biasa. Namun untuk tenaga penyapu jalan, dilakukan sistem bergantian. 

"Pasukan kuning disiagakan jumlahnya kurang lebih 350 orang. Mereka secara bergiliran akan terus melakukan pembersihan kota pascahari raya Idul Fitri. Pasukan tersebut memang sudah disiapkan dari awal Ramadan,” kata dia.

Pihaknya menyiapkan 11 truk sampah, 3 armada dari KSM dan 7 armada pikap untuk mengangkut pasukan kuning menyisir tempat pembuangan sementara.

”11 truk itu bisa mengangkut semua sampah, supaya tidak ada penumpukan sampah. Kemudian untuk armada pikap digunakan untuk menyusuri sampah yang tercecer di pinggir jalan,” pungkasnya. (DANANG/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru