Perusahaan di Seruyan Diminta Pekerjakan 70 Persen Tenaga Lokal

  • Oleh Reno
  • 09 Juni 2019 - 18:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Perusahaan Besar Swasta atau PBS yang beroperasi di Kabupaten Seruyan diminta menjalankan dan mematuhi peraturan daerah atau Perda tentang Perlindungan Tenaga Kerja Lokal yang telah disahkan sejak 2017 lalu.

Perda perlindungan tenaga kerja lokal yang digagas oleh tim Legislasi DPRD Seruyan itu berisikan kewajiban perusahaan besar swasta mempekerjakan 70 persen tenaga kerja lokal.

"Kami sejak awal meminta pemerintah daerah melalui instansi terkait agar proaktif dalam pengawasan terhadap penerapan perda ini, terutama bagi perusahaan perkebunan kelapa sawit yang sangat banyak di wilayah Kabupaten Seruyan," kata Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto, Minggu 9 Juni 2019.

Menurut Bejo, keuntungan Perda ini bagi masyarakat Kabupaten Seruyan yang memiliki klasifikasi dan keahlian yang dibutuhkan oleh perusahaan.

"Sepanjang ada keahlian mereka pada bidang yang diperlukan maka pihak perusahaan wajib memprioritaskan tenaga kerja lokal sesuai dengan Perda yang ada itu, tidak ada alasan lagi," jelasnya.

Politisi Partai Amanat Nasional ini menyebutkan untuk dapat berhasil implementasi dari Perda tersebut tentu harus mendapat dukungan dan perlindungan dari Pemkab Seruyan terhadap investor yang ada. (RENO/B-5)

Berita Terbaru