Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mahakam Ulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

3 Jalur Pendaftaran Peserta Didik Baru SMAN 5 Palangka Raya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 10 Juni 2019 - 13:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB tahun pelajaran 2019/2020 di SMAN 5 Palangka Raya dilaksanakan dengan 3 jalur.

Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Arbusin menjelaskan 3 jalur pendaftaran yang tersedia, yakni jalur zonasi dengan kuota 90 persen, jalur prestasi dengan kuota 7 persen, dan jalur orang tua pindah tugas negara dengan kuota 3 persen.

"Total siswa yang akan diterima sesuai dengan kursi yang tersedia adalah 144 peserta didik baru yang terdiri atas tiga peminatan, yakni Peminatan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Peminatan Ilmu Bahasa dan Budaya (IBB)," kata Arbusin pada Senin, 10 Mei 2019.

Berkaitan dengan lebih tingginya kuota melalu jalur zonasi, Kepala Sekolah menegaskan hal ini sesuai dengan amanat Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018.

"Ini untuk mempercepat pemerataan layanan dan kualitas pendidikan di sekolah serta mendekatkan siswa dengan lingkungan sekolahnya," tuturnya lagi.

Dengan demikian, lanjutnya, siswa yang tinggal dekat dengan sekolahnya, dengan disertai bukti fisik yang sah, punya peluang untuk diterima lewat jalur zonasi.

"Meskipun demikian, calon siswa yang dari luar daerah juga tetap punya peluang untuk mendaftar, yakni melalui jalur prestasi dengan kuota 7 persen. Calon siswa yang memiliki prestasi individu, baik akademik dan nonakademik dalam ajang, seperti OSN, FLS2N, OPSI, O2SN, dan LKSN minimal tingkat kabupaten/kota dapat mendaftar lewat jalur ini. Calon siswa dari luar zonasi juga bisa mendaftar melalui jalur orang tua pindah tugas negara dengan kuota hanya 3 persen. Jalur ini khusus untuk calon siswa yang orang tuanya adalah PNS, anggota TNI/Polri yang pindah tugas negara. Tentu ini juga harus dibuktikan dengan bukti yang sah," bebernya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru