Sejumlah Partai Belum Tentukan Kader Untuk Diusung di Pilkada Kotawaringin Timur

  • Oleh Naco
  • 10 Juni 2019 - 13:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sejumlah partai politik belum menentukan sikap siapa kader mereka yang akan diusung maju di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Kotawaringin Timur 2020.

"Sejauh ini Golkar belum membahas soal pilkada. Silakan kepada seluruh kader mensosialisasikan diri di tengah masyarakat," kata Sekretaris Umum DPD Golkar Kotawaringin Timur, Joni Abdi, Senin, 10 Juni 2019.

Saat ini jika ada kader partai mendeklarasikan diri maju pada Pilkada Kotawaringin Timur semata-mata keputusan pribadi, bukan keputusan resmi dari partai.

Saat ini Golkar masih fokus persiapan pelantikan bagi kader terpilih dan menempatkan anggota fraksi pada alat kelengkapan dewan.

Kaitan dengan Pilkada kata dia hingga saat ini Golkar belum ada keputusan, Golkar mememiliki mekanisme untuk menentukan itu nantinya.

"Pertama, mekanismenya pembentukan tim penjaringan sesuai dengan petunjuk pelaksana dan peraturan organisasi, kemudian membuka pendaftaran, pada prinsipnya partai Golkar terbuka bagi siapapun terlebih kader, jika ada kader partai yang menyatakan maju itu semata keputusan pribadi bukan keputusan partai," tegasnya.

Golkar menurut dia memberikan ruang seluas-luasnya bagi kader partai untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat. Selanjutnya dari hasil penjaringan dilakukan survei.

"Siapa yang elektabilitasnya tinggi dan mendapat rekom dari DPP Partai Golkar maka wajib bagi seluruh pengurus untuk memenangkannnya," tegasnya.

Sementara itu Ketua DPC PDI Perjuangan, Rimbun masih enggan mengomentari terkait itu. Ia beralasan saat ini mereka juga tengah fokus pada persiapan pelantikan kader di DPRD.

Begitu juga dengan Ketua DPC Partai Gerindra Ary Dewar. Kini mereka masih fokus pada pelantikan di DPRD. "Nanti dulu soal itu, kami masih belum mau membahas itu," pungkas Ary.(NACO/B-6)

Berita Terbaru