Kunjungan Wisatawan ke Pantai Ujung Pandaran Menurun Drastis, Ini Sebabnya 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 10 Juni 2019 - 16:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kunjungan wisatawan selama libur lebaran di Pantai Ujung Pandaran, Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur menurun drastis dibandingkan tahun lalu.

Ini disebabkan karena pantai terdampak abrasi, dan jalan menuju objek wisata tersebut rusak. 

"Sejak sehari setelah lebaran yakni pada Kamis, 6 Juni hingga Minggu, 9 Juni 2019 kemaren, jumlah pengunjung ke Pantai Ujung Pandaran hanya sekitar 10 ribu orang saja," ujar Camat Teluk Sampit Juliansyah, Senin, 10 Juni 2019. 

Pada libur lebaran tahun lalu wisatawan yang datang berlibur ke Pantai Ujung Pandaran mencapai 30 ribu orang. Jumlah tersebut belum termasuk pengunjung yang datang ke penginapan dan juga vila di daerah tersebut. 

"Kalau dihitung dengan pengunjung yang sda di vila dan penginapan, mungkin akan lebih banyak lagi," kata Juliansyah. 

Jumlah pengunjung ke Pantai Ujung Pandaran yang dikelola oleh pemerintah karena dampak dari abrasi pantai. Sehingga pantai yang dulunya lebih lebar kini sudah mengecil dan kurang menarik. Sehingga banyak pengunjung yang beralih ke vila dan hotel karena kondisi pantainya lebih indah. 

"Mudah-mudahan nantinya abrasi di Pantai Ujung Pandaran ini bisa ditangani. Sehingga pengunjung di Pantai Ujung Pandaran kembali meningkat," kata Juliansyah. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru