Ini Upaya Pemkab Kotawaringin Timur Hingga Raih Opini WTP

  • Oleh Naco
  • 10 Juni 2019 - 17:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ada beberapa langkah yang dilakukan Pemkab Kotawaringin Timur hingga berhasil meraih opini wajar tanpa pengecualian atau WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan.

Itu disampaikan Wakil Bupati Kotawaringin Timur HM Taufiq Mukri dalam paripurna di DPRD, penyampaian raperda pertanggungjawaban keuangan APBD 2018, di DPRD Kotawaringin Timur, Senin, 10 Juni 2019.

Mulai dari membuat neraca laporan realisasi anggaran dan laporan operasional, laporan arus kas, laporan perubahan sisa anggaran lebih.

Laporan perubahan ekuitas dan catatan atas laporan keuangan. Laporan keuangan tersebut sudah diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Kalimantan.

Laporan keuangan 2018 itu di audit Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Kalimantan Tengah dan hasilnya telah disampaikan pada tanggal 21 Mei 2019 yang lalu dengan pernyataan opini wajar tanpa pengecualian.

"Opini wajar tanpa pengecualian yang kita raih untuk yang ke-5 kalinya ini menunjukkan bahwa laporan keuangan pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur tahun anggaran 2018 telah disajikan secara wajar dan bebas dari salah saji material," ucapnya.

Selain itu kata dia auditor meyakini berdasarkan bukti-bukti audit yang dikumpulkan pemerintah daerah dianggap telah menyelenggarakan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik.

"Kalaupun ada kesalahan, maka kesalahan tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengambilan keputusan," pungkasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru