SMAN 1 Sampit Sediakan Kuota Siswa Prestasi dan Tugas Negara Pada Penerimaan Siswa Baru

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 11 Juni 2019 - 10:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Meski penerimaan siswa baru tahun ajaran 2019-2020 mengutamakan sistem zonasi, namun Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur tetap memberikan kuota untuk siswa berprestasi dan tugas negara.

"Memang kuota yang kami siapkan didominasi untuk calon siswa yang masuk zonasi, namun juga untuk siswa berprestasi dan tugas negara," ujar Kepala SMAN Negeri 1 Sampit, Darma Setiawan, Selasa, 11 Juni 2019.

Pihaknya menerima siswa melalui sistem zonasi 90 persen, lima persen siswa berprestasi, dan lima persen lagi tugas negara.

Tugas negara merupaka siswa yang orang tuanya ASN, TNI, Polri, pegawai BUMN, dan petugas negara lainnya. Kuota ini disediakan agar calon siswa yang orang tuanya sering pindah tugas saat bekerja bisa tertampung.

"Tugas negara itu untuk menampung anak-anak para abdi negara. Kalau tidak disiapkan kuotanya, maka kami tidak bisa menerima mereka. Apalagi identitas kependudukannya dari luar daerah," katanya.

Di SMAN 1 Sampit menggunakan sistem online dalam penerimaan siswa baru. Para calon siswa harus melampirkan identitas diri berupa kartu keluarga dan nilai hasik ujian. Nilai tersebutlah yang akan di rangking nantinya, hingga dinyatakan lulus.

"Jadi bagi pendaftar, selain menerakan nilai ujian, mereka juga bisa menerakan piagam penghargaan, minimal tingkat kabupaten," terangnya.

Piagam ini akan menjadi bahan pertimbangan untuk calon siswa agar bisa diterima di SMAN 1 Sampit, karena mereka telah menyediakan kuota siswa berprestasi. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru