Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DLH dan Dispar Kotawaringin Barat akan Kolaborasi Cegah Penumpukan Sampah di TPS Area Wisata

  • Oleh Wahyu Krida
  • 11 Juni 2019 - 12:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Rencananya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bakal bekerja sama untuk memcegah terjadinya penumpukan sampah di tempat pembuangan sementara (TPS) dibeberapa lokasi wisata, khususnya saat libur hari besar.

Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3) DLH Kobar, Robianur, Selasa, 11 Juni 2019 menjelaskan lantaran dalam pengelolaan sampah di lokasi wisata merupakan tanggung jawab dari pengelola.

"Petugas kebersihan hanya bertugas mengambil dan mengangkut sampah di area wisata yang sudah terkumpul di TPS. Sedangkan untuk menjaga kebersihan dan mengumpulkan sampah adalah kewenangan pengelola wisata," jelasnya.

Walau sempat terjadi penumpukan sampah di TPS pada area wisata, dia berharap dengan adanya kerja sama ini kondisi tersebut tidak akan terjadi lagi di masa yang akan datang.

"Kondisi ini sudah kami koordinasikan dengan Kadispar Kobar. Nantinya bakal ada kolaborasi untuk menyelesaikan masalah ini antara pengelola wisata, Dispar serta bank sampah yang berada di sekitar area wisata," jelasnya.

Menurutnya rencana pembahasan hal itu akan dilakukan dalam bulan ini juga. "Tujuannya agar sampah yang ada di lokasi wisata bisa terkelola dengan benar, efektif dan efisien. Mempermudah petugas kebersihan untuk mengambil sampah guna mencegah berulangnya penumpukan sampah yang tentunya mengganggu keindahan di lokasi wisata," pungkasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru