Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua RT Diharapkan Proaktif Kenali Warga

  • Oleh Budi Yulianto
  • 11 Juni 2019 - 14:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Asisten II Setda Kalteng Nurul Edy mengharapkan ketua RT lebih proaktif mengenalinya warganya. Ia menyebut, dalam satu RT idealnya dihuni 30 KK sampai dengan 60 KK.

"Jumlah warga tiap RT mencapai lebih dari ketentuan yang ada. Setahu saya, satu RT itu kisaran 30 sampai 60 KK. Tapi faktanya sekarang ada yang 250 sampai 350 KK," kata Nurul Edy, Selasa, 11 Juni 2019.

Menurut Plt Asisten 1 ini, dengan jumlah yang melebihi dari idealnya itu, ketua RT akan sulit mengontrol semua warganya. Termasuk belum tentu mengenal semuanya.

Begitu juga sebaliknya. Jika hanya 30 sampai dengan 60 KK maka akan memudahkan ketua RT mengenali mereka. 

"Mestinya pak RT bisa mengetahui 1x24 jam. Pak RT harus tahu bahwa di RT dia, ini warganya. Kerjanya apa dan harus punya petanya," pesannya.

Ungkapan ini disampaikan Nurul Edy ketika diminta tanggapannya berkaitannya dengan diamankannya warga di Palangka Raya dan Gunung Mas soal dugaan teroris. Saat ini, kasus tersebut masih ditangani di Polda Kalteng.

Ketua RT juga disarankan untuk mendata setiap warga pendatang. "RT harus terdepan. Harus aktif menyampaikan keadaan masyarakatnya, memberikan informasi kepada Bhabinkamtibmas, Babinsa di tempatnya" tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-3)

Berita Terbaru