Tokoh Adat Seruyan Gelar Rapat Dorong Percepatan Pembentukan Provinsi Kotawaringin Raya

  • Oleh Reno
  • 11 Juni 2019 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Rencana pembentukan Provinsi Kotawaringin Raya terus bergulir. Bahkan pemerintah bersama stack holder terkait dan para tokoh melakukan rapat terbatas di aula Kantor Bupati Seruyan, Selasa 11 Juni 2019.

Salah satu tokoh adat Salundik Uhing mengapreasiasi dibahas kembali rencana pembentukan Provinsi Kotawaringin Raya. Bahkan pihaknya sangat mendorong agar Provinsi Kotawaringin Raya segera terwujud.

"Kalau melihat rencana pemekaran ini telah disiapkan sejak tahun 1998 silam, bahkan waktu itu sudah dibentuk kepanitian pemekaran. Nah sekarang kita tinggal menindaklanjuti yang sudah digagas oleh tim beberapa waktu lalu," kata Saludin Uhing yang merupkan Damang Kepala Adat Seruyan Raya saat ditemui usai menghadiri rapat.

Menurut Salundik, peluang akan terbentuknya Provinsi Kotawaringin Raya ini sangat terbuka lebar, karena kesiapan pun sudah 90 persen dan telah memenuhi syarat baik dari segi kesiapan aparatur dan sumber daya yang ada.

"Kendalanya sejauh ini belum terealisasi karena selalu pergantian pemerintahan baik di tingkat provinsi, sehingga selalu mengulang dan tarik ulur. Harapan kita sebagai masyarakat agar pemerintah segera melakukan tahap-tahapnya," jelas Salundik.

Bahkan mereka dari unsur adat di Kabupaten Seruyan sudah siap mendukung dan mengawal jalannya pemekaran Provinsi Kotawaringin Raya dari Provinsi Kalimantan Tengah.

"Karena kita lebih siap, sudah ada lima kabupaten yang akan tergabung nantinya, seperti Kotawaringin Timur, Seruyan, Kotawaringin Barat, Lamandau dan Sukamara," pungkasnya. (RENO/B-5)

Berita Terbaru