Dishub Kapuas Ingin Buka Tutup 1 Jalur Jembatan Pulau Telo Sesuaikan Jadwal Haji

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 11 Juni 2019 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Perhubungan Kapuas menginginkan rencana buka tutup 1 jalur jembatan Pulau Telo karena akan diperbaiki, menyesuaikan dengan jadwal keberangkatan jemaah calon haji.

Alasannya karena jadwal pemberangkatan dan pelepasan jemaah calon haji dari Kuala Kapuas pada 6 Juli 2019, sementara rencana perbaikan lantai jembatan Pulau Telo yang merupakan penghubung jalur Trans Kalimantan itu juga direncanakan Juli sampai Oktober 2019.

Rencana perbaikan lantai jembatan oleh Pemprov Kalteng tersebut sudah disosialisasikan melalui papan pengumuman yang terpasang di sejumlah titik di Jalan Trans Kalimantan Anjir sampai wilayah perbatasan Kalteng - Kalsel.

Kasi Angkutan Umum Dishub Kapuas Untung Harianto mengharapkan penyesuaian waktu pelaksanaanya ini dimaksudkan agar saat jemaah calon haji melintas di jembatan tersebut menuju Palangka Raya tidak mengalami keterlambatan waktu. 

"Melihat kondisi waktu yang hampir bersamaan seperti itu, kami harapkan adanya koordinasi untuk penundaan pembongkaran setelah calon jamaah haji Kapuas berangkat," ucap Untung kepada wartawan, Selasa, 11 Juni 2019.

Untuk itulah dirinya berharap ada penyesuaian waktu dengan rencana pembongkaran lantai jembatan oleh Dinas PU Kalteng sehingga hanya bisa dilewati satu jalur saja.

"Tentu dengan banyaknya rombongan bis calon jemaah haji menuju ke Palangka Raya itu melewati jembatan Pulau Telo, sehingga diharapkan tidak terhambatnya waktu keberangkatan itu," katanya.

Sementara, itu terpisah Kabag Kemas Kesra Setda Kapuas, Junaidi menjelaskan bahwa jadwal keberangkatan jamaah calon haji diatur sedemikian rupa secara nasional dan pada tingkat provinsi.

"Biasanya, setiap keberangkatan calon jamaah haji Kalteng, akan dikumpulkan di Palangka Raya selama dua hari sebelum keberangkatan" kata Junaidi.

Menurutnya selama dua hari jemaah calon haji di Palangka Raya akan mendapatkan bimbingan manasik haji dan pemeriksaan kesehatan sebelum diberangkatkan.

Berita Terbaru