Bupati Lamandau Minta Lakukan Langkah Antisipatif Soal Terorisme

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 11 Juni 2019 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau H Hendra Lesmana meminta semua pihak mengambil peranan masing-masing untuk melakukan langkah antisipatif agar Lamandau tetap steril dari terorisme.

"Menyikapi informasi penangkapan terduga teroris saya minta masyarakat Lamandau tetap tenang, tidak panik dan berkegiatanlah seperti biasa," kata Bupati saat dibincangi usai menghadiri Open House Wakil Bupati Lamandau, Selasa, 11 Juni 2019.

Meski demikian, Bupati berharap agar semua pihak tetap waspada dan memaksimalkan peranannya masing-masing sebagai langkah antisipatif. 

"Untuk masyarakat umum, minimalnya harus mengenali tetangga di tempat tinggalnya masing-masing, jangan acuh tak acuh. Sehingga jika ada hal yang dinilai janggal atau mencurigakan dapat dilaporkan kepada petugas keamanan lingkungan, termasuk ke RT atau RW-nya," kata dia. 

Bupati juga meminta agar kepala Desa maupun lurah memastikan bahwa baik RT mupun RW senantiasa melakukan pendataan bagi setiap warga pendatang. Sehingga masyarakat pendatang dapat dikenali asal-usulnya. 

"Terlebih dalam situasi arus balik seperti sekarang ini maka diduga akan  berdatangan masyarakat pendatang dari luar daerah yang masuk ke Kabupaten Lamandau, untuk itu saya minta agar aparatur desa melakukan pendataan terhadap warga baru yang menetap di wilayahnya," kata dia. 

Selebihnya, Hendra Lesmana berharap penangkapan terduga teroris di kota  Palangka Raya maupun di Gunung Mas tidak akan terjadi di wilayah Lamandau dengan arti Lamandau terbebas dari masyarakat yang diduga memiliki faham radikal dan intoleran.  (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru