Warga Hanau akan Hibahkan Lahan 1.700 Hektare untuk Provinsi Kotawaringin Raya 

  • Oleh Reno
  • 11 Juni 2019 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Rencana pemekaran Provinsi Kotawaringin Raya mendapat dukungan penuh dari masyarakat. Seperti di Kabupaten Seruyan.

Bahkan warga sudah siap menghibahkan tanahnya apabila Hanau terpilih menjadi ibukota Provinsi Kotawaringin Raya.

"Jika memang Hanau dipilihan menjadi pusat ibukota Provinsi Kotawaringin Raya, disana sudah siapkan lahan seluas 1.700 hektare. Itu murni hibah masyarakat," kata Damang Kepala Adat Seruyan Raya Salundik Uhing ketika ditemui usai rapat persiapan pembentukan Provinsi Kotawaringin Raya di kantor Bupati Seruyan, Selasa 11 Juni 2019.

Menurut Salundik, pemerintah tidak lagi mengeluarkan biaya untuk pembebasan lahan Provinsi baru, karena masyarakat dengan suka rela memberi tanahnya untuk Provinsi Kotawaringin Raya.

"Artinya masyarakat memang mendambakan pemekaran Kotawaringin Raya, terutama di daerah hanau. Kami siap menyambut dengan senang hati jika sudah terealiasi Provinsi Kotawaringin Raya dan Hanau ibukotanya," jelas Salundik.

Dikatakan Salundik, tentu akan banyak keuntungan yang didapat jika kawasan Hanau menjadi letak ibukota Provinsi Kotawaringin Raya. 

"Akses ke wilayah barat seperti Pangkalan Bun, Lamandau dan Sukamara dan ke Kotim juga dekat. Artinya berada di tengah. Ke kawasan pelabuhan pun lebih dekat," ucapnya. (RENO/B-5)

Berita Terbaru