Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Indramayu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kakao dan Kopi Jadi Prioritas Dinas Pertanian Murung Raya

  • Oleh Syahriansyah
  • 11 Juni 2019 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Sejak merosotnya harga karet membuat Dinas Pertanian Kabuapaten Murung Raya (Mura) mengalihkan perhatiannya untuk kelompok tani ke tanaman Kakao dan Kopi selama 2 tahun terakhir ini. 

Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan, Dinas Pertanian Kabupaten Mura, Yanette mengatakan Murung Raya menjadi prioritas utama saat ini dalam menstabilkan kebutuhan para kelompok tani di Kabupaten Murung Raya. 

"Untuk 2019 ini kami sudah membantu kelompok tani kami sudah melakukan pengelolaan Kakao di 2 Desa dengan besar lahan 54 hektar yaitu Desa Puruk Batu dan Sungai Lunuk sedangkan untuk kopi ada 15 hektar di Desa Muara Untu," katanya, Selasa, 11 Juni 2019.

Program pengembangan tanaman Kakao dan Kopi merupakan pilihan tepat menurut Dinas Pertanian Kabupaten Mura, pasalnya program tersebut sesuai dengan menjadi program Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk wilayah Kabupaten yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito. 

"Kemaren kami sempat melakukan koordinasi dan ternyata program Kakao dan Kopi juga prioritas oleh Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Tengah yang disampaikan juga oleh Gubernur kemaren," lanjutnya. 

Untuk kedepannya apabila prioritas pengembangan 2 tanaman tersebut akan terus dilakukan oleh pihaknya dikarenakan sejauh ini masih terbilang cukup baik hasilnya. (RIANSYAH/B-5) 

Berita Terbaru