Legislator Sarankan Dana Jaminan Reklamasi untuk Budidaya Perikanan

  • Oleh Ramadani
  • 11 Juni 2019 - 21:26 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, Purman Jaya menyaarankan agar pemerintah dapat menggunakan dana jaminan reklamasi perusahaan pertambangan untuk meningkatkan kesejehteraan masyarakat. Salah satunya seperti pengembangan sektor perikanan.

Menurutnya, jaminan reklamasi satu perusahaan tambang saja bisa mencapai angka Rp 20 miliar. Dan itu jumlah yang sangat besar jika digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kalau kita lihat efisiensinya. Bekas galian tambang kalau direklamasi belum tentu tanaman bisa hidup. Dan kalau dilakukan reklamasi biaya atau uang yang dikeluarkan tentu sangat besar. Alangkah baiknya dana reklamasi tersebut disalurkan untuk pengembangan budiyaya perikanan,” kata Purman Jaya.

Selain itu, dia menyarankan, lubang bekas galian tambang bisa digunakan untuk pengembangan budidaya ikan. Hal itu juga sebagaimana hasil kunjungan ke lokasi eks tambang di Kalimantan Timur.

"Saran dari sana, dana bekas galian tambang digunakan untuk budidaya perikanan," kata dia.

Hal tersebut pun bisa dijadikan program dinas terkait. Sepanjang ada keinginan dari dinas terkait dan menguntungkan bagi masyarakat, dewan akan selalu mendukung.

"Kita dari DPRD sangat mengharapkan, dengan besarnya dana jaminan reklamasi tersebut, dinas terkait bisa bersama-sama memikirkan pengembangan perikanan. Itu bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar eks tambang,” katanya. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru