Sekda Kalteng Sampaikan Ini saat Buka Rakor Pembentukan Satgas Penanganan Karhutla

  • Oleh Budi Yulianto
  • 11 Juni 2019 - 21:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran atau BPB-PK Provinsi Kalimantan Tengah menggelar rapat koordinasi (rakor) pembentukan satuan tugas atau Satgas, dan penyusunan rencana operasi penanganan darurat bencana kebakaran hutan dan lahan 2019.

Kegiatan yang berlangsung di Aula BPB-PK setempat, Jalan Tjilik Riwut Km 7,5 Palangka Raya, Selasa, 11 Juni 2019 itu dibuka langsung Sekda Kalteng Fahrizal Fitri. 

Dalam sambutannya, sekda mengatakan rapat koordinasi tersebut merupakan rangkaian atau kelanjutan dari rapat koordinasi yang dilaksanakan pada 29 April 2019 di Aula Eka Hapakat kantor gubernur Kalimantan Tengah.

"Sebagaimana telah disampaikan oleh bapak Gubernur Kalimantan Tengah dalam rapat koordinasi tanggal 29 April 2019 bahwa untuk menghadapi bahaya kebakaran hutan dan lahan tahun 2019. Jangan sampai terlambat dalam penanganannya," katanya.

"Salah satu faktor penting yaitu penetapan status keadaan darurat bencana kebakaran hutan dan lahan. Rapat koordinasi 29 April 2019 juga telah meminta kepada pemerintah kabupaten dan kota untuk segera menetapkan status keadaan darurat kebakaran hutan dan lahan, dengan memerhatikan prakiraan musim kemarau dan fenomena el nino dari BMKG," imbuhnya.

Dia menuturkan, dengan adanya penetapan status siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan baik di tingkat kabupaten atau kota maupun provinsi, maka pembentukan satuan tugas pos komando penanganan darurat bencana dan penyusunan rencana operasi penanganan darurat menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan.

"Terkait dengan hal ini, kami memandang sangat strategis dan penting untuk menyamakan persepsi antara provinsi dan kabupaten atau kota. Sehingga, operasi penanganan darurat bencana kebakaran hutan dan lahan tahun 2019 dapat terlaksana dengan baik guna mewujudkan komitmen bersama Kalteng bebas kabut asap 2019," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-11/Adv)

Berita Terbaru