Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Trenggalek Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Akankah Penguatan Harga CPO Kembali Berlanjut? 

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 12 Juni 2019 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam dua sesi perdagangan pekan ini, harga minyak sawit mentah (CPO) mengalami tekanan hingga menyentuh level terendah dalam sebulan. Namun harga sempat menguat pada Selasa (11/6/2019). 

Menurut seorang pelaku pasar di Jakarta, Rabu (12/6/2019), rendahnya harga CPO akibat rentetan pelemahan belakangan ini telah mendorong aksi beli sehingga mendongkrak harga. 

"Tapi penguatan harga ini tetap dalam bayangan pelemahan akibat berbagai faktor, seperti isu perang dagang AS dan China, pelemahan harga minyak kedelai dan lesunya kinerja ekspor CPO Malaysia," katanya. 

Pada perdagangan Selasa, harga CPO acuan kontrak pengiriman Agustus di Bursa Malaysia Derivatives Exchange naik 0,95% ke level RM2.013 per ton. 

Selain faktor teknikal seiring dengan melemahnya harga sejak akhir pekan lalu hingga awal pekan ini, investor juga merespons positif menguatnya harga minyak kedelai di Chicago Board of Trade (CBOT). 

Tapi menurunnya kinerja ekspor Malaysia, ujarnya, akan menjadi faktor penghambat laju penguatan harga CPO. 

Surveyor kargo Intertek Testing Services melaporkan ekspor minyak sawit Malaysia pada periode 1-10 Juni 2019 anjlok hingga 31,4% dibanding periode yang sama bulan sebelumnya. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru