Sistem Zonasi, SMKN 1 Sukamara Kesulitan Penuhi Kuota 

  • Oleh Norhasanah
  • 12 Juni 2019 - 15:30 WIB

BORNOENEWS, Sukamara - Kepala SMK Negeri 1 Sukamara, Sarce Sisyoan mengatakan, sejak ditetapkannya sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada dua tahun terakhir pihaknya kesulitan memenuhi jumlah kuota yang tersedia.

"Untuk jumlah siswa yang diterima sesuai dengan kuota kita di SMK ini adalah 180 siswa," ucap Sarce Sisyoan, Rabu, 12 Juni 2019

Menurut Sarce, dalam dua tahun terakhir jumlah kuota selalu tidak terpenuhi sejak sistem zonasi diterapkan di sekolah, mengingat peminat sekolah SMK sebagai besar berasal dari luar wilayah.

"Dalam PPDB, kita biasanya hanya mendapatkan siswa sekitar 120 orang saja, ini mungkin karena jumlah penduduk kita dan juga sistem zonasi," ujarnya.

Sarce menerangkan, setelah diterapkannya sistem zonasi, pihak sekolah saat ini tidak diperbolehkan menerima siswa didik baru yang berasal dari luar Kecamatan Sukamara apabila ditempat tinggal pelajar tersebut sudah ada SMK dan jurusan yang dipilihnya saat mendaftar di SMKN 1 Sukamara.

"Tetapi apabila peserta yang berasal dari luar daerah tersebut memilih jurusan yang memang di tempat asalnya tidak ada maka kita boleh menerima," jelasnya. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru