Tidak Ada Alat Jadi Kendala Dinas Perhubungan Perbaiki Lampu Lalu Lintas

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 12 Juni 2019 - 15:52 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pengguna jalan di Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, harap bersabar terkait tidak berfungsinya sejumlah lampu pengatur lalu lintas.

Pasalnya, perbaikan belum bisa dilakukan lantaran tidak tersedianya alat atau suku cadangnya di Pangkalan Bun.

Kepala Bidang Prasarana Dinas Perhubungan Kobar, M Rizaldi, melalui Kasi Pembangunan Prasarana, Hananta Bayu Sena, mengatakan tidak berfungsinya traffic light atau lampu pengatur lalu lintas lantaran belum diperbaiki karena masih menunggu datangnya alat.

"Kami terkendala dengan alat, jadi alat untuk perbaikannya di sini tidak ada. Jadi untuk perawatan atau perbaikan Apil atau traffic light itu kami kesulitan mencari suku cadangnya," ujar dia kepada Borneonews , Rabu, 12 Juni 2019.

Ia menjelaskan, pihaknya sudah mencari alat atau suku cadang yang diperlukan ke sejumlah suplier di wilayah Kalimantan. Namun, tetap tidak ada.

"Kami sudah coba hubungi ke penyedia barang di Palangka Raya dan Banjarmasin tidak ada, akhirnya teknisi kami membelinya di Pulau Jawa," sebut Bayu.

Ia menyebutkan, kerusakan yang terjadi pada bagian prosesornya atau otaknya. Oleh karena itu, semua lampu tidak berfungsi.

"Jika bukan pada prosesornya masih bisa kita buat nyala kuning sebagai tanda hati - hati, kalau ini tidak bisa," ungkapnya.

Kerusakan itu banyak faktor, bisa juga karena faktor alam atau faktor lainnya. "Bisa jadi juga rusak karena petir. Tapi kita tidak mau berspekulasi seperti itu. Yang jelas kita sedang usahakan datangkan alatnya dan akan segera kita perbaiki," pungkasnya. (DANANG/B-3)

Berita Terbaru