Puncak Arus Balik di Pelabuhan Panglima Utar Kumai Diprediksi H + 8

  • Oleh Wahyu Krida
  • 12 Juni 2019 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Puncak arus balik pemudik dari Pulau Jawa yang tiba di Pelabuhan Panglima Utar, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), diprediksi pada H + 8 Lebaran atau Jumat, 14 Juni 2019.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kumai Wahyu Prihanto, Rabu, 12 Juni 2019, menuturkan prediksi tersebut diambil lantaran  pada hari tersebut bakal ada tiga kapal yang singgah di Pelabuhan Kumai.

"Selain itu bila melihat jumlah kedatangan pemudik pada H + 1 hingga H + 5 di Pelabuhan Panglima Utar, jumlahnya setiap hari mengalami peningkatan," ujar Wahyu.

Berdasarkan data yang disampaikan Wajyu, sejak H + 1 Lebaran kedatangan pemudik di Pelabuhan Panglima Utar Kumai sebanyak 2.130 orang.

"Hal lain, dari data arus mudik Lebaran 2019, jumlah penumpang diketahui meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Lantaran dari H-15 sampai H-1 Lebaran tahun ini sebanyak 21.964 orang tercatat berangkat ke Pulau Jawa. Sedangkan tahun 2018 dengan kurun waktu yang sama tercatat sebanyak 21.402 orang," jelas Wahyu.

Untuk tujuan keberangkatan, menurutnya para pemudik tersebut tiba diberbagai pelabuhan di Pulau Jawa, di antaranya Tanjung Perak, Surabaya dan Tanjung Mas, Semarang, dengan menggunakan kapal milik PT Pelni, DLU, serta ASDP. (WAHYU KRIDA/B-3)

Berita Terbaru