Festival Budaya Isen Mulang Bakal Sedot Pengunjung Asing

  • Oleh Budi Yulianto
  • 12 Juni 2019 - 17:28 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Festival Budaya Isen Mulang yang akan berlangsung sejak Senin, 17 Juni 2019 dipastikan akan menyedot pengunjung asing.

"Mulai awal Mei kita sudah mempromosikan. Sudah ada rombongan asal Prancis, Eropa dan India yang akan datang," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah, Guntur Talajan, Rabu, 12 Juni 2019.

"Kemarin, laporan masuk ada rombongan yang pasti datang," imbuhnya.

Guntur menilai, festival yang dipusatkan di Kota Palangka Raya tepatnya Taman Budaya Temanggung Tilung akan berdampak pada tempat penginapan.

"Kalau melihat dari pengalaman, hotel-hotel biasanya akan penuh," ungkapnya.

Ia menambahkan, festival tersebut sekaligus untuk memperkenalkan budaya dan kearifan lokal di Kalteng hingga ke kancah internasional.

Sebagaimana diketahui, ada 19 jenis lomba yang ditampilkan dalam festival tersebut. 

Di antaranya, Karnaval Budaya, Putra/Putri Pariwisata, Tari Daerah (Pesisir & Pedalaman), Karungut, Mangenta, Malamang, Panginan Sukup Simpan, Mangaruhi, Sepak Sawut, Maneweng Manetek dan Manyila Kayu.

Kemudian, Jukung Tradisional, Besei Kambe, Jukung Hias, Balogo, Habayang/Bagasing, Manyipet, Lagu Daerah, Lawang Sakepeng dan Mamahat Patung, Ukir Talawang. (BUDI YULIANTO?b-5)

Berita Terbaru