Polsek Katingan Hilir terus Pantau Kondisi Banjir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 12 Juni 2019 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Jajaran Polsek Katingan Hilir beberapa hari terakhir terus memantau kondisi banjir akibat luapan Sungai Katingan.

Kapolsek Katingan Hilir, Iptu Nurheriyanto Hidayat, Rabu, 12 Juni 2019 mengatakan, sejak air Sungai Katingan meluap dalam beberapa hari ini hingga menyebabkan sejumlah lermukiman warga kebanjiran, pihaknya selalu siaga untuk memantau sekaligus membantu warga yang terkena bencana banjir saat ebakuasi.

Anggotanya, kata Kapolsek juga ikut mengamankan rumah warga yang ditinggal penghuninya akibat terdampak banjir dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian.

Kapolsek Katingan Hilir Iptu Nurheriyanto Hidayat mengatakan selain pekarangan dan rumah warga yang kebanjiran, di wilayah hukumnya juga ada sejumlah titik ruas jalan yang sampai hari ini masih terendam banjir.

Misalnya permukiman warga di tiga RT di Kelurahan Kasongan Lama dan satu RT di Kelurahan Kasongan Baru.

Ketinggian bajir di wilayah ini mencapai 10 hingga 20 centimeter.

Untuk itu ia berpesan kepada warga agar berhati-hati, khususnya bagi warga yang pekarangan rumahnya masih terendam banjir. Terhadap kemungkinan terjadinya korsleting listrik, akibat komponen listrik yang tergenang air. 

"Saat ini untuk debit air di DAS Katingan maupun air yang tergenang di jalan atau permukiman masyarakat belum mengalami penurunan, akan tetapi tidak menutup kemungkinan apabila didaerah Hulu Katingan mengalami kenaikan intensitas hujan yang sangat lebat akan adanya peningkatan debit air,” imbuh Nurheriyanto Hidayat. (ABDUL GOFUR/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru