Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Timor Tengah Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Musim Tenggara Aktivitas Nelayan Berkurang

  • Oleh Reno
  • 12 Juni 2019 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Aktivitas nelayan pada musim tenggara saat ini dipastikan berkurang. Pasalnya, ketinggian gelombang laut mencapai 2-3 meter.

Sehingga, sebagian nelayan lebih memilih menambat perahunya secara menunggu waktu yang tepat untuk melaut.

Keputusan itu diambil lantaran mereka lebih sadar akan keselamatan ketimbangan keuntungan hasil dari melaut.

"Saat ini memang musim tenggara, kita lebih banyak tambat ketimbang melaut. Semenjak lebaran baru satu kali saja melaut, itu juga kondisi ombaknya besar, dan kami pun berada di pinggiran saja tidak berani ke tengah," ungkap Bain ketika ditemui di perahunya, Rabu 12 Juni 2019.

Menurut Bain, tidak dapat melaut tentu penghasilan mereka berkurang, namun kondisi gelombang tinggi yang memaksa mereka harus menambatkan perahu.

"Ya harus bagaimana lagi mas, kondisi gelombang sangat tinggi. Jadi kami menahan diri dulu sementara menunggu waktu yang tepat," ujarnya.

Sementara itu, Kasat Polair Polres Seruyan Iptu Afif Hasan mengimbau agar nelayan tidak melaut pada ombak masih tinggi, terlebih mereka lebih mengutamakan keselamatan.

"Saat ini ketahui ketinggian gelombak antara 2-3 meter, jadi sangat membahaya bagi perahu kecil seperti milik nelayan. Jadi kami mengimbau agar melihat situasi dulu," terangnya. (RENO/B-5)

Berita Terbaru