Pengurus Presidium Pembentukan Provinsi Kotawaringin Tingkat Kabupaten Lamandau Resmi Ditetapkan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 12 Juni 2019 - 20:12 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pengurus presidium pembentukan provinsi Kotawaringin tingkat Kabupaten Lamandau resmi ditetapkan, melalui rapat yang dipimpin langsung Bupati Lamandau, Hendra Lesmana, berempat di aula Setda Lamandau, Rabu, 12 Juni 2019.

Hendra Lesmana yang juga merupakan salah satu tim formatur tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dalam rencana pembentukan provinsi Kotawaringin itu, menyampaikan penetapan pengurus presidium tingkat Kabupaten Lamandau tindaklanjut dari pertemuan lima kepala daerah dengan Gubernur Kalteng belum lama ini.

Pertemuan itu membahas tentang rencana pembentukan dan pengusulan provinsi baru yang meliputi Kabupaten Kotawaingin Timur atau Kotim, Seruyan, Kotawaringin Barat atau Kobar, Lamandau, dan Sukamara. 

"Pada pertemuan tersebut telah terbentuk formatur yang salah satu tugasnya mendorong terbentuknya presidium tingkat kabupaten," kata Hendra Lesmana. 

Dia menjelaskan, dibentuknya presidium tersebut memiliki tugas dan fungsi untuk menindaklanjuti spirit (pemekaran provinsi Kotawaringin) yang sebelumnya diwadahi BP3K atau Badan Percepatan Pembentukan Provinsi Kotawiringin, yang cukum lama vakum.

"Intinya, presidium ini nantinya akan melaksanakan percepatan dalam rangka mendorong aspirasi dari lima kabupaten untuk memekarkan diri baik ke Gubernur, DPRD Provinsi, bahkan DPR RI," jelasnya. 

Rapat pembentukan pengurus presidium tersebut dihadiri puluhan stakeholders, termasuk sejumlah tokoh pendiri kabupaten Lamandau serta tokoh masyarakat, pemuda dan lintas organisasi.

Dalam pembentukan pengurus presidium tersebut, terpilih H Tommy Hermal Ibrahim sebagai ketua presidium. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru