Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Medan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penerimaan Peserta Didik Baru SMAN 1 Sukamara Dilakukan Lewat 3 Jalur 

  • Oleh Norhasanah
  • 12 Juni 2019 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dilaksanakan SMAN 1 Sukamara dilakukan lewat tiga jalur, di mana jalur zonasi memiliki kuota 90 persen.

"PPDB ini ada tiga jalur, jalur zonasi, jalur prestasi dan jalur perpindahan orangtua," kata Kepala SMAN 1 Sukamara, Edi Kasim, Rabu, 12 Juni 2019.

Edi melanjutkan, untuk jalur zonasi, bagi pendaftar yang tempat tinggalnya berada dekat dengan sekolah maka akan mendapat nilai tinggi, sehingga peluang untuk bisa masuk bersekolah di SMA Negeri 1 Sukamara lebih besar.

"Sementara untuk jalur prestasi, meskipun dia tinggal diluar Kecamatan Sukamara tetapi memiliki prestasi maka bisa bersekolah disini," ujarnya.

Prestasi yang dimaksudkan pihak sekolah adalah siswa yang pernah mewakili kabupaten, provinsi atau nasional dalam sebuah perlombaan seperti olimpiade atau sebagainya.

"Jadi prestasi ini maksutnya bukan dia rangking dikelas, ini tidak pengaruh apabila dicantumkan," jelasnya.

Edi melanjutkan, sementara jalur perpindahan orang tua hanya boleh untuk orang-orang dinas yang dipindah tugaskan dari suatu daerah ke daerah lain.

"Untuk jalur inipun kita juga prioritaskan untuk menerima, meskipun begitu untuk jalur perpindahan orang tua ini hanya memiliki kuota 5 persen saja, sama dengan jalur prestasi, sedangkan untuk zonasi sebesar 90 persen," ujarnya. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru