RT dan RW Harus Aktif Awasi Warganya

  • Oleh Naco
  • 12 Juni 2019 - 20:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Penangkapan sejumlah terduga teroris di Palangka Raya dan Gunung Mas membuat banyak pihak kian waspada. Terkait itu, RT maupun RW diminta untuk aktif mengawasi warganya.

Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Handoyo J Wibowo meminta agar seluruh Ketua RT dan RW aktif mengecek warga di lingkungan masing-masing. Terutama untuk pendatang baru.

Handoyo menyebutkan peran Ketua RT dan RW yang bisa untuk mencegah secara dini hal semacam itu. Karena bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Jangan sampai lingkungan menjadi tempat untuk melakukan perencanaan tindak kejahatan, seperti terorisme," kata Handoyo, Rabu, 12 Juni 2019.

Saat ini, kata dia, melihat dari pergerakan pelaku teroris, Kalteng bisa dijadikan tempat persembunyian paling aman.

"Hal itu sangat mungkin selain karena lokasi yang masih banyak hutan belantara, ditambah lagi pengawasan Ketua RT dan RW masih lemah. Serta tidak selektifnya pemilik barak atau rumah kos-kosan terhadap penyewa," katanya.

Selain itu, Handoyo mengharapkan pemkab untuk segera menyurati dan menginstruksikan seluruh RT dan RW agar mengecek dan mengenali warganya sendiri.

Terutama untuk areal yang banyak rumah kontrakan atau barak. Hal ini untuk mengantisipasi agar daerah ini tidak dijadikan jadi markas perencanaan aksi teroris. (NACO/B-11)

Berita Terbaru