Sejumlah Traffic Light di Pangkalan Bun Tidak akan Berfungsi Hingga Beberapa Hari ke Depan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 12 Juni 2019 - 22:22 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Traffic light di Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, masih tidak akan berfungsi hingga beberapa hari ke depan. Pasalnya, proses perbaikan masih terkendala alat.

Dinas Perhubungan Kotawaringin Barat masih mengusahakan mendatangkan suku cadang traffic light dari luar daerah. Dan akan tiba paling lambat pada Jumat, 14 Juni 2019 lusa.

"Dalam perbaikan atau perawatan lampu merah ini kita terkendala alat atau suku cadangnya. Saat ini sudah dipesan dan paling lambat tiba Jumatnanti," kata Kasi Pembangunan Prasarana Dinas Perhubungan Kotawaringin Barat, Hananta Bayu Sena, Rabu, 12 Juni 2019.

Adapun lampu merah yang mengalami gangguan yakni di Jalan Kawitan, depan Gereja Imanuel, depan SMP N 1, dan perempatan stadion Sampuraga Pangkalan Bun.

Dia mengatakan, jika nantinya alat sudah sampai maka akan langsung dilakukan pemasangan. Alatnya didatangkan langsung dari Jawa.

"Kami juga mencari informasi untuk pengadaan alat alat apil itu ada di Palangka Raya tapi tidak begitu lengkap. Makanya kami beli di Jawa," kata dia.

Sementara untuk teknisinya sudah lengkap, hanya kendalanya pada suku cadang saja. Adapun faktor penyebab rusaknya traffic light bermacam-macam. Seperti faktor alam atau kerusakan alat.

"Kena petir juga bisa, kemudian alatnya yang rusak juga bisa. Yang jelas kami akan segera perbaiki ketika alatnya datang," kata dia.

Hasil dari pemeriksaan yang dilakukan teknisi, kerusakan yang terjadi pada komponen prosesornya atau otaknya. Maka dari itu lampu mati total. 

"Kita nyalakan kuningnya saja tidak bisa, biasanya kalau kerusakannya bukan prosesornya masih bisa dinyalakan sebagian. Berarti ini prosesornya yang rusak," pungkasnya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru