Psikolog Sampaikan Pentingnya Pendidikan Seksual Sejak Dini

  • Oleh Agus Priyono
  • 12 Juni 2019 - 22:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Psikolog menyarankan pentingnya pendidikan tentang seks diberikan sejak dini. Hal itu berkaitan dengan maraknya kasus pembuangan bayi belakangan terakhir.

Seorang psikolog di Palangka Raya, Dina mengatakan, pendidikan tentang seks sejak dini penting untuk mencegah hal tersebut terjadi,

"Edukasi tetang seks itu perlu sebagai langkah pencegahan. Karena jika sudah terjadi seperti itu, tentunya yang dirugikan bukan hanya korban dan bayinya, tetapi juga keluarga," kata Dina, Rabu, 12 Juni 2019.

Dina menambahkan, selain adanya edukasi tentang seksualitas, juga diperlukan juga diajarkan juga rasa tanggungjawab. Terutama kepada anak usia remaja dimana kasus seperti ini sering terjadi.

Contohnya seperti kasus pembuangan bayi di jalan Mahir Mahar Palangka Raya. Dina berpendapat jika hal tersebut bisa terjadi karena orangtua dari bayi tersebut merasa tidak sanggup untuk bertanggungjawab atas apa yang telah dilakukannya.

"Setiap orang punya cara berpikir yang berbeda. Bisa jadi karena ketidakmampuan menghadapi masalah. Jadi salah satu jalan keluar menurut mereka adalah dengan membuang si anak," ujar Dina.

Menurutnya, pencegahan merupakan langkah yang paling efektif, didalam mengatasi kasus seperti seks pra nikah, yang berbutut pada kehamilan terkhususnya yang terjadi pada usia remaja dan masih sekolah.

"Pencegahan itu sangat penting. Dengan pendidikan tentang seks yang sudah diajarkan, kemudian peran orangtua yang terbuka soal seksualitas dengan anak juga bisa menjadi satu langkah pencegahan," tutupnya. (AGUS/B-11)

Berita Terbaru