Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Dumai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

CPNS di Kotim Diharapkan Bermental Baik, Berdedikasi, dan Disiplin

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 13 Juni 2019 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang lulus tes pada 2018 lalu, diharapkan memiliki sumber daya manusia (SDM) bermental baik, berdedikasi untuk negara, serta memiliki disiplin dalam bekerja. 

"Kami berharap, 586 orang CPNS di Kotim ini memiliki kualitas SDM yang mampu menampilkan kinerja memuaskan, terutama untuk masyarakat dan negara," ujar Asisten I Setda Kotim Nur Aswan, saat membuka Diklat Prajabatan CPNS golongan II dan III dilingkungan Pemkab Kotim, Kamis, 13 Juni 2019. 

Dalam membentuk SDM aparatur negara tersebut, CPNS harus mengikuti diklat prajabatan. Hal itu sesuai amanat Peraturan Lembaga Administrasi Negara No 12 Tahun 2018 tentang Pelatihan Dasar CPNS. Dengan tujuan memberikan pengetahuan dalam membentuk wawasan kebangsaan, kepribadian, dan etika sebagai seorang pegawai negeri sipil (PNS).

"Selain itu juga untuk mengetahui tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, dibidang tugas dan budaya organisasi. Sehingga mampu melaksanakan tugas dan peran sebagai pelayan masyarakat," kata Aswan. 

Ia juga menerangkan, CPNS wajib mengikuti diklat prajabatan. Karena salah satu syarat pengangkatan CPNS menjadi PNS. Sebab pendidikan dasar memberikan bekal kemampuan yang baik dibidang pola pikir sebagai aparatur negara.

"Saya harap nantinya setelah mengikuti diklat ini, CPNS di Kotim bisa melaksanakan tugas secara profesional dengan kepribadian dan etika PNS, mampu berperan sebagai perekat dan pemersatu bangsa, mengapdi serta mengayomi, dan memberdayakan masyarakat, dan yang terakhir dapat menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas," harap Aswan. (MUHAMMAD HAMIM/B-3)

Berita Terbaru