Pemkab Sukamara Gelar Upacara Hari Kelahiran Pancasila

  • Oleh Norhasanah
  • 13 Juni 2019 - 14:42 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten Sukamara menggelar upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila yang jantuh setiap tanggal 1 Juni.

Apel yang digelar di hamanan kantor Sekretariat Daerah pada Kamis, 13 Juni 2019, itu dipimpin Bupati Sukamara Windu Subagio.

Dalam sambutannya, Bupati Windu membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIPRI).

Ia menyampaikan, pancasila sebagai dasar negara, idiologi negara, dan pandangan hidup bangsa. Pancasila yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan sebuah anugerah tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa bagi Indonesia.

"Walaupun kita sebagai bangsa masih belum sempurna dalam merealisasikan nilai-nilai pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan, baik sebagai bangsa maupun sebagai negara, masih dapat bertahan hingga kini berkat pancasila," ungkap Windu Subagio.

"Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna, hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif," sambungnya.

Sehingga proses internalisasi serta pengalaman nilai-nilai pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus-menerus. Karena pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Berkat pancasila yang berkeindahan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong dalam keberagaman, menjadi suatu berkah," ujar Windu Subagio. (NORHASANAH/B-3)

Berita Terbaru