Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Walau Terdampak Banjir Warga Tetap Bertahan Di Rumahnya

  • Oleh Wahyu Krida
  • 13 Juni 2019 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Walaupun terdampak banjir akibat meluapnya Sungai Jayau yang membelah Kelurahan Kumai Hilir dan Desa Sungai Kapitan Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat, namun warga setempat tetap bertahan di rumahnya dan tidak bersedia direlokasi sementara.

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Kumai Abdul Gafur, Kamis, 13 Juni 2019 saat mengecek lokasi banjir di RT 15 Kelurahan Kumai Hilir dan RT 2 Desa Sungai Kapitan mengatakan rata-rata warga berpendapat bahwa banjir yang terjadi tidak akan berlangsung lama dan tidak membahayakan mereka.

"Walau demikian  ada 2 rumah yang membuat panggung atau para - para di dalam rumah mereka masing-masing, untuk tidur dan menaruh perlengkapan rumah. Selain itu ada warga yang  sedang sakit, tetapi bersikeras untuk  tinggal di rumahnya. Keinginan mereka hanya tinggal di rumah miliknya," jelas Abdul Gafur.

Ditempat yang sama, Kasi Trantib Kecamatan Kumai Dody Iskandar mengatakan  konsentrasi pantauan pihaknya berada di dua RT tersebut lamtaran ketinggian air yang membanjiri lingkungan warga sekitar  70 cm atau selutut orang dewasa, 

"Konsentrasi atau perhatian lebih adalah di Kelurahan Kumai Hilir dan Desa Sungai Kapitanm Sedangkan di Kelurahan Candi yang terdampak banjir  hanya sebagian kecil saja di sekitar jalan turunan," jelas Dody.

Ia juga mengakui bahwa banjir yang di Kelurahan Kumai Hilir maupun Desa Sungai Kapitan merupakan yang pertama kali terjadi.

"Padahal warga sudah menempati rumah mereka di bantaran Sungai Jayau itu sejak turun temurun," jelas Dody.

Sekedar diketahui, dari data yang diperoleh dilapangan mengenai jumlah rumah warga yang terdampak banjir diperkirakan mencapai 70 Kepala Keluarga. 

Jumlah tersebut  terdiri dari 30 kepala keluarga di RT 15 Kelurahan Kumai Hilir, 20 KK di Kelurahan Candi, serta 20 KK di RT 02, Desa Sungai Kapitan. (WAHYU KRIDA/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru