Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pencairan ADD Terlambat Tak Pengaruhi Pilkades Serentak di Barito Selatan

  • Oleh Uriutu
  • 13 Juni 2019 - 19:56 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Pencairan Alokasi Dana Desa atau ADD tahap I terlambat. Kendati demikian, hal tersebut tidak memengaruhi pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades Serentak tahun 2019 di Barito Selatan.

"Tahun ini ada 62 desa di enam Kecamatan yang melaksanakan pilkades serentak. Meski pencairan ADD tahap pertama terlambat, namun tidak memengaruhi pilkades pada 3 Oktober 2019 mendatang,” kata Kasi Bina Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa DSPMD Barsel, Toni Akhmadi, Kamis, 13 Juni 2019.

Dia menjelaskan, tahapan Pilkades serentak dimulai dari Mei 2019 ini untuk pendataannya, Juni - Agustus 2019 tahapan penepatan Daftar Pemilih Tetap, Agustus - September penjaringan kepala desa, dan 3 Oktober hari pencoblosan.

“Oleh sebab itu, keterlambatan pencairan ADD tidak memengaruhi pelaksanaan Pilkades Serentak,” tandas dia.

Menurutnya, keterlambatan pencairan ADD ini dikarenakan menghitung anggaran yang masuk ke APBDes, serta jabatan kades definitif berakhir. Dan penjabat kades yang menyusun APBDes.

Sementara, kades yang masa jabatannya sudah habis tidak mengurus APBDes dimaksud. Itulah faktor penyebab keterlambatan pencairan ADD dan DD tahap pertama.

“Keterlambatan ini karena berakhirnya masa jabatan kades definitif dan beralih ke penjabat,” jelas dia.

Kendati demikian, pelaksanaan pilkades serentak tetap berjalan. Dan pada Juni 2019 ini, ADD akan cair.

“Selain itu, ada komitmen dengan pemerintahan desa bahwa mereka bersedia menyiapkan talangan seandainya ADD belum cair. Artinya panitia pilkades tidak kesulitan bekerja,” ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru