Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toraja Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Barito Selatan Bentuk Tim Reaksi Cepat dan Bangun Posko

  • Oleh Uriutu
  • 13 Juni 2019 - 20:16 WIB

BORNEONEWS, Buntok - BPBD Barito Selatan membentuk tim reaksi cepat (TRC) dan membangun posko siaga bencana. Hal itu dilakukan pascapenetapan status siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Barito Selatan, Asriwati, mengatakan, posko siaga bencana beranggotakan lintas instansi. Seperti Polres Barsel, Kodim 1012/BTK, Satpol PP dan Damkar, Dinkes, serta Dinas Sosial PMD.

Dia mengatakan, status siaga darurat bencana ini ditetapkan rapat koordinasi dengan pemerintah provinsi. Terkait itu, seluruh kabupaten harus mempersiapkan pencegahan bencana dan berkoordinasi dengan BPBD Kalteng.

"Status siaga darurat bencana ini ditetapkan selama 90 hari kalender atau 3 bulan, dari 20 Mei - 17 Agustus 2019," kata Asriwati, Kamis, 13 Juni 2019. 

BPBD juga sudah memiliki relawan siaga bencana. Dan diharapkan untuk setiap desa seyogyanya bisa membentuk relawan pula, termasuk membentuk masyarakat peduli api.

"Jika warga ada melihat titik api, paling tidak mereka dapat menghubungi kami sehingga bisa bergerak cepat menuju lokasi kebakaran," katanya.

Sementara berdasarkan hasil pemetaan, titik rawan karhutla berada di Kecamatan Gunung Bintang Awai, tepatnya Desa Ngurit, Kecamatan Dusun Hilir, dan area jalan menuju Kelurahan Pendang. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru