Ini Langkah Pemerintah Turunkan Angka Stunting

  • Oleh Budi Yulianto
  • 13 Juni 2019 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sudah menyiapkan langkah-langkah untuk menurunkan angka stunting. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul mengatakan, langkah pertama akan mengundang seluruh bupati dan wali kota untuk melakukan pertemuan berikut membuat regulasi tingkat wilayah.

"Salah satu regulasinya adalah pembiayaan penanggulangan stunting di tingkat desa melalui ADD. Kemudian kita membangun sinergitas tingkat provinsi dan berharap turun ke tingkat kabupaten, kota," kata Suyuti usai rapat forum koordinasi pelaksanaan Germas dan percepatan penanggulangan stunting di Aula Bappedalitbang Kalteng, Kamis, 13 Juni 2019.

Ia menuturkan, menangani masalah stunting bukan semata berkaitan dengan kesehatan. Tapi stunting terjadi juga berkaitan dengan ekonomi maupun pendapatan dari orangtuanya.

"Yang harus dikerjakan adalah semua sektor. Provinsi juga akan membangun sinergi dengan perguruan tinggi sehingga mereka nantinya ikut membina wilayah binaannya," ungkapnya.

Tidak hanya itu, hal lainnya yang perlu dilakukan yakni bekerjasama sekaligus mendorong TP-PKK untuk memaksimalkan posyandu. 

Suyuti berharap, langkah-langkah tersebut nantinya dapat menurunkan angka stunting. (BUDI YULIANTO/B-5)

Berita Terbaru